Nasi Briyani & Ayam Tandoori



Jadi pada awalnya niat browsing restoran romantis yang ada di Jakarta pakai salah satu web yang cukup terkenal dalam hal review restoran, Zomato. Tapi kecewa rasanya karena banyak sih restoran yang romantis suasananya, pengen banget fine dinning sama suami gitu buat melepas stress setelah bekerja, tapi ternyata ga ada sertifikat halalnya, makanannya kalau ga mengandung pork ya ada wine nya. Meskipun pesen yang ga ada pork nya, tetep aja kan ya takut, barangkali dalam memasaknya lalai itu si kokinya, kena cipratan lemaknya lah atau gimana gitu. Ga berani ambil resiko deh. Karena kesel, coba searching pake keyword lain "halal", eh malah ketemu sama salah satu tempat makan namanya "The Halal Boys". Belum pernah kesana, apalagi nyicipin menunya. Tapi pas dilihat foto-fotonya, koq enak kayaknya. Browsing deh tentang The Halal Boys, ketemu salah satu artikel yang bilang kalo salah satu menunya itu, ada yang namanya Chicken Over Rice, perpaduan dari nasi briyani, yang ditoping sama ayam tandoori & selada, di kasih siraman saus putih sama merah di atasnya, nebak-nebak sendiri aja sih, kayaknya saus putihnya itu sejenis mayo, hahaha. 
Akhirnya, pengen coba bikin sendiri dulu deh. Browsing resep nasi briyani, dipilih-pilih, akhirnya mau coba pake resepnya Mba Endang di Just Try and Taste. Sedangkan ayam tandoorinya, saya gabung dari bermacam resep, soalnya ada yang ga pake suatu bahan, sedang resep yang satunya lagi pake, jadi saya coba mix aja, biar nendang rasanya, hehehe. Berikut resepnya bagi yang mau coba:

Nasi Briyani
Bahan:
- 4 cup beras (untuk 4 porsi)
- 1 1/2 sendok makan margarine (minyak samin lebih nendang)
- 3 butir bawang merah, haluskan
- 4 butir bawang putih, haluskan
- 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar 
- 2 ruas jahe, haluskan
- 2 sendok makan puree tomat (bisa diganti dengan 4 sendok makan saus tomat) 
- 200 ml  santan cair
- sejumput bubuk kayu manis
- 2 buah kembang lawang/pekak
- 2 butir kapulaga 
- 1 cm kunyit, haluskan
- 200 ml air kaldu
- garam & lada

Resep asli bisa dilihat di sini ya, soalnya banyak yang saya modif, jadi kalau mau coba yang real resep dari Mba Endang, boleh kunjungi blog beliau.

Ayam Tandoori
Bahan:
- 1 buah dada ayam, potong ukuran bit size
- 1 sdt jeruk lemon, saya pakai jeruk nipis
- 2 sdm yogurt
- 1 ruas kunyit, haluskan
- 1 ruas jahe, haluskan
- 1 sdt ketumbar
- sejumput jintan bubuk
- 2 butir kapulaga
- 3 butir cengkeh
- 5 siung bawang merah, haluskan
- 3 siung bawang putih, haluskan
- garam & lada

Saya ambil dari beberapa sumber, bisa dilihat di sini dan di sini

Cara membuat:
Nasi Briyani
  • Panaskan margarine, tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan bumbu halus dan tumis hingga bumbu matang. Tambahkan puree tomat, bubuk kayu manis, kapulaga, kembang lawang, garam & lada.
  • Masukkan beras yang sudah dicuci, dan tumis hingga bumbu merata di beras
  • Tuang air kaldu, dan santan. Aslinya pake susu, tapi karena ga ada stock susu di rumah, saya pakai santan deh, hehhe. Aduk rata
  • Masukkan ke dalam rice cooker, tambahkan air jika dirasa kurang. Masak nasi seperti biasa

Ayam Tandoori
  • Masukkan air jeruk, yogurt, bumbu halus, jintan bubuk, kapulaga, cengkeh, garam & lada dalam satu wadah dan lumurkan pada ayam
  • Simpan dalam plastik atau wadah tertutup semalaman, agar bumbu meresap
  • Panggang dalam oven dengan suhu 165-170 derajat celcius selama kurang lebih 1 jam, saya gunakan alumunium foil untuk membungkus ayam, agar ayam bisa dibalik-balik pada saat pemanggangan.
Penyajian: Sajikan nasi briyani dengan ayam tandoori, tambahkan mayo & saus sambal. Saya sertakan juga sosis goreng biar ada garing-garingnya. Hehehe




Komentar

Postingan Populer